Pengukuran User Experience Pendidikan Mikrotik Menggunakan Metode Likert Pada Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta

Main Article Content

Herman Bedi Agtriadi
Meilia Nur Indah susanti
Indrianto
Dewi Arianti Wulandari
Abdurrasyid
Rahmad Evan
Irfan Sembiring

Abstract

Membahas tentang teknologi dalam konteks sekolah agama adalah hal yang jarang dilakukan. Padahal, teknologi dan agama saling terkait. Selain pelajaran agama, sekolah-sekolah Islam juga mengajarkan mata pelajaran seperti fisika, kimia, matematika, dan teknologi. Namun, tidak banyak sekolah yang mengajarkan teknologi, terutama sistem teknologi. Salah satu sekolah Islam yang menawarkan pelajaran Mikrotik adalah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta. Pelajaran jaringan komputer, khususnya Mikrotik, menjadi mata pelajaran yang diminati karena membuka peluang studi masa depan.


 


Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta berkomitmen untuk mendidik siswanya dalam penggunaan teknologi. Metode survei diharapkan dapat membantu mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap modul Mikrotik yang diajarkan. Pendampingan dalam pengajaran Mikrotik bertujuan agar siswa Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta memahami pelajaran Mikrotik, khususnya mengenai tata letak jaringan Mikrotik.


 


Diharapkan, dengan adanya pendampingan ini, akan tersedia modul Mikrotik dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta. Hasil uji post-test menggunakan skala survei menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan nilai di atas 83%, dibandingkan dengan nilai tes awal yang hanya 57,8%. Peningkatan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran Mikrotik lebih dari 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bedi Agtriadi, H., Meilia Nur Indah susanti, Indrianto, Dewi Arianti Wulandari, Abdurrasyid, Rahmad Evan, & Irfan Sembiring. (2024). Pengukuran User Experience Pendidikan Mikrotik Menggunakan Metode Likert Pada Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta. TERANG, 6(2), 91–100. Retrieved from https://jurnalitpln.id/terang/article/view/2589
Section
Articles

References

Mohammad Imron, Dwi Krisbiantoro, and Primandani Arsi, “Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto,” Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 3. 2021. doi: 10.31849/dinamisia.v5i3.3993.

Asmawi, Syafei, and M. Yamin, “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, pp. 50–55, 2019.

P. Listiaji and S. Subhan, “Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Calon Guru,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 6, no. 1. pp. 107–116, 2021. doi: 10.24832/jpnk.v6i1.1948.

Z. Siregar and T. B. Marpaung, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah,” BEST J. (Biology Educ. Sains Technol., vol. 3, no. 1, pp. 61–69, 2020, doi: 10.30743/best.v3i1.2437.

A. Lestari, A. Suryadi, and A. Ismail, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik,” J. Petik, vol. 6, no. 1, pp. 18–26, 2020, doi: 10.31980/jpetik.v6i1.729.

M. G. An’ars, A. D. Wahyudi, N. Hendrastuty, D. Damayanti, S. Hutagalung, and A. Mahendra, “Pelatihan Jaringan Microtik Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Di Smk Negeri 2 Bandarlampung,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 218, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2147.

T. Elizabeth, A. Rahman, and T. Tinaliah, “Pelatihan Pembuatan Access Point Menggunakan MIKROTIK pada SMK Bina Cipta Palembang,” Fordicate, vol. 2, no. 2, pp. 134–140, 2023, doi: 10.35957/fordicate.v2i2.4827.

B. K. H. Indah Purnama Sari, Fatma Sari Hutagalung, “Analisa Model Pemanfaatan Jaringan Komputer yang Efektif untuk Peningkatan Produktivitas pada Jaringan LAN Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” Infotekjar, vol. 1, no. 1. pp. 193–197, 2020.

D. Dartono, U. Usanto, and D. Irawan, “Penerapan Metode Per Connection Classifier (Pcc) Pada Perancangan Load Balancing Dengan Router Mikrotik,” Jeis J. Elektro Dan Inform. Swadharma, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, 2021, doi: 10.56486/jeis.vol1no1.65.

R. Aldori, “Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode PCC (Per Connection Classifier) Berbasis Mikrotik pada SMK Tunas Harapan Jakarta,” TECHSI - J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, p. 69, 2021, doi: 10.29103/techsi.v13i2.5380.

B. Jaya, Y. Yuhandri, and S. Sumijan, “Peningkatan Keamanan Router Mikrotik Terhadap Serangan Denial of Service (DoS),” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 2, pp. 115–123, 2020, doi: 10.37034/jsisfotek.v2i4.32.

A. Maulana, N. Suharto, and A. Hariyadi, “Application of MikroTik Firewall for Website Access Restriction and Prevention of DoS (Denial of Service) Attacks on Internet Networks Al-Mahrusiyah Vocational School Lirboyo,” Jartel, vol. 13, no. 1, pp. 81–86, 2023, doi: 10.33795/jartel.v13i1.547.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

B. T. Kuntoro and N. Fajrie, “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Menggunakan Skala Likert Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Tunas Bangsa, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.46244/tunasbangsa.v10i1.2047.

S. Saharuddin, M. W. Prihatmono, and K. Karmila, “Analisis Usability Google-Classrroom Menggunakan Metode Skala Likert,” J. Inform. Prog., vol. 14, no. 4, pp. 53–61, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.stmikprofesional.ac.id/index.php/Progress/article/view/184