Peran Teknologi Inovatif Dalam Model Bisnis Periklanan Digital Berbasis Energi Terbarukan EcoAds
Main Article Content
Abstract
EcoAds adalah sebuah inovasi produk yang memadukan periklanan digital dan energi bersih dengan
daya tarik utama berupa charger ponsel gratis. Produk ini menghadirkan solusi yang inovatif dan
berkelanjutan di tengah meningkatnya kebutuhan akan energi bersih dan periklanan digital. Potensi
pasar EcoAds sangat luas, dengan segmen pengguna yang peduli terhadap lingkungan yang terus
bertumbuh, dan pengiklan yang mencari cara efektif untuk menjangkau audiens yang relevan.
EcoAds menyediakan platform yang memenuhi kedua kebutuhan ini. EcoAds menyediakan platform
yang memenuhi kedua kebutuhan ini. Rencana pengembangan produk melibatkan peningkatan
stasiun EcoAds di lokasi strategis, kemitraan dengan penyedia energi bersih, dan pengembangan
infrastruktur yang ramah lingkungan. Hal ini akan memungkinkan ekspansi ke lebih banyak lokasi
dan menyediakan daya yang lebih berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah
perancangan skema Business Model Canvas. Output yang ditargetkan adalah menciptakan
pengalaman berkelanjutan bagi pengguna, dengan pengisian ponsel gratis dan akses ke iklan digital
yang relevan. Pengiklan akan mendapatkan manfaat dengan mencapai audiens yang tepat dan
mendapatkan wawasan berharga tentang efektivitas kampanye iklan mereka. Implikasi praktis dari
penelitian ini dapat menjadi panduan bagi perusahaan periklanan digital lainnya yang tertarik untuk
mengadopsi solusi berkelanjutan, meningkatkan keberlanjutan bisnis mereka sambil berkontribusi
pada pelestarian lingkungan.
Downloads
Article Details
References
B. a. Geneva, “ECMWF,” July 2023. [Online]. Available: https://climate.copernicus.eu/copernicus-and-
wmo-july-2023-track-be-hottest-month-record.
H. EBTKE, “ebtke.esdm.go.id,” October 2019. [Online]. Available:
https://ebtke.esdm.go.id/post/2019/10/17/2369/berikut.strategi.pemerintah.dalam.pengembangan.ebt
.menuju.kemandirian.energi.nasional.
Bayer, E., Srinivasan, S., Riedl, E. J., & Skiera, B. (2020). The impact of online display advertising and
paid search advertising relative to offline advertising on firm performance and firm value.
International Journal of Research in Marketing, 37(4), 789-804.
Amrurobbi, A. A. . (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi Kampanye
Pemilu dan Pilkada. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(2), 66–78. https://doi.org/10.55108/jap.v4i2.50
Sunardi, Y. N. (2021). Upaya Greenpeace Dalam Mengurangi Limbah Plastik Di Indonesia. EJournal Ilmu
Hubungan InternasionaleJournal Ilmu Hubungan Internasional, 9(1), 9.
Udayalakshmi, J. K., & Sheik, M. S. (2018, March). Design and implementation of solar-powered mobile
phone charging stations for public places. In 2018 International Conference on Current Trends
towards Converging Technologies (ICCTCT) (pp. 1-5). IEEE.
BAK, J. S., CHO, I. H., & KIM, H. J. (2018, september). Eco-Friendly billboard by using Li+ batteries and
supercapacitor parallel connection. In 2018 International Conference on Information and
Communication Technology Robotics (ICT-ROBOT) (pp. 1-3). IEEE.
Y. Zhang and D. Ma, "A Single-Stage Solar-Powered LED Display Driver Using Power Channel Time
Multiplexing Technique," in IEEE Transactions on Power Electronics, vol. 30, no. 7, pp. 3772-3780,
July 2015, doi: 10.1109/TPEL.2014.2350484
R. Saeng-udom, "A study of photovoltaic-powered billboard lighting systems in Chiang Mai, Thailand,"
IEEE. APCCAS 1998. 1998 IEEE Asia-Pacific Conference on Circuits and Systems. Microelectronics
and Integrating Systems. Proceedings (Cat. No.98EX242), Chiang Mai, Thailand, 1998, pp. 197-200,
doi: 10.1109/APCCAS.1998.743712.
Mr. Elia Sundaram H MChandra Yogi S MGouthama BBheemlal M, Manohar K L P. Solar Powered LED
Letters Display. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology
(2023)
Anindyntha, F. A., Susilowati, D., & Sulistyono, S. W. (2021). Peningkatan sadar lingkungan melalui
penghematan sampah plastik. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 351-
Ogunbodede, E. F., & Sunmola, R. (2014). Posters, Banners and Billboards Visual Pollution in Nigerian
Urban Environment: Challenges to Urban Managers. IOSR J. Humanit. Soc. Sci, 19, 56-64.
Prasanth, S. G., Ghosh, S., Sarkar, S., Koushik, B. S., & Vignesh, K. (2017). Solar Powered Wireless
Message Display Board. Asian Journal of Applied Science and Technology (AJAST), 1(5), 58-60.
Febaide, I. (2020). An Efficient Solar Powered-Microcontroller Based Digital Led Display System.
FUPRE Journal of Scientific and Industrial Research (FJSIR), 4(2), 75-90
Kiki PrawiroredjoCitra Laras. Pot Iklan Bertenaga Surya. Jetri : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro (2017)
Fangyue, Z. H. A. O., Xinhua, Y. I., Weishi, M. A., Boyan, L. I. U., Xinru, L. I., & Yansong, M. E. N. G.
(2022). Portable solar billboard. Research and Application of Materials Science, 4(1), 20-23.
Harazin, J., & Wróbel, A. (2020). Analysis and study of the potential increase in energy output generated
by prototype solar tracking, and roof-mounted solar panels. F1000Research, 9.
Zhu, Q. Y., Wen, C. L., Xie, W. Y., Ye, J. J., & Yin, H. (2011). Solar Powered Automatic Controlled
Advertising Light Box System. In Applied Mechanics and Materials (Vols. 148–149, pp. 101–105).
Trans Tech Publications, Ltd.
Souyris, S. (2019). Models to Predict and Influence Consumer Demand: Applications to Television
Advertising and Solar Panel Adoption. The University of Texas at Austin.
Amrurobbi, A. A. . (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi
Kampanye Pemilu dan Pilkada. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(2), 66–78.