Peran Teknologi Inovatif Dalam Model Bisnis Periklanan Digital Berbasis Energi Terbarukan EcoAds

Main Article Content

Yessy Asri
Atikah Rifdah Ansyari

Abstract

EcoAds adalah sebuah inovasi produk yang memadukan periklanan digital dan energi bersih dengan


daya tarik utama berupa charger ponsel gratis. Produk ini menghadirkan solusi yang inovatif dan


berkelanjutan di tengah meningkatnya kebutuhan akan energi bersih dan periklanan digital. Potensi


pasar EcoAds sangat luas, dengan segmen pengguna yang peduli terhadap lingkungan yang terus


bertumbuh, dan pengiklan yang mencari cara efektif untuk menjangkau audiens yang relevan.


EcoAds menyediakan platform yang memenuhi kedua kebutuhan ini. EcoAds menyediakan platform


yang memenuhi kedua kebutuhan ini. Rencana pengembangan produk melibatkan peningkatan


stasiun EcoAds di lokasi strategis, kemitraan dengan penyedia energi bersih, dan pengembangan


infrastruktur yang ramah lingkungan. Hal ini akan memungkinkan ekspansi ke lebih banyak lokasi


dan menyediakan daya yang lebih berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah


perancangan skema Business Model Canvas. Output yang ditargetkan adalah menciptakan


pengalaman berkelanjutan bagi pengguna, dengan pengisian ponsel gratis dan akses ke iklan digital


yang relevan. Pengiklan akan mendapatkan manfaat dengan mencapai audiens yang tepat dan


mendapatkan wawasan berharga tentang efektivitas kampanye iklan mereka. Implikasi praktis dari


penelitian ini dapat menjadi panduan bagi perusahaan periklanan digital lainnya yang tertarik untuk


mengadopsi solusi berkelanjutan, meningkatkan keberlanjutan bisnis mereka sambil berkontribusi


pada pelestarian lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asri, Y., & Rifdah Ansyari, A. (2024). Peran Teknologi Inovatif Dalam Model Bisnis Periklanan Digital Berbasis Energi Terbarukan EcoAds. KILAT, 13(1), 40–50. Retrieved from https://jurnalitpln.id/kilat/article/view/2397
Section
Articles

References

B. a. Geneva, “ECMWF,” July 2023. [Online]. Available: https://climate.copernicus.eu/copernicus-and-

wmo-july-2023-track-be-hottest-month-record.

H. EBTKE, “ebtke.esdm.go.id,” October 2019. [Online]. Available:

https://ebtke.esdm.go.id/post/2019/10/17/2369/berikut.strategi.pemerintah.dalam.pengembangan.ebt

.menuju.kemandirian.energi.nasional.

Bayer, E., Srinivasan, S., Riedl, E. J., & Skiera, B. (2020). The impact of online display advertising and

paid search advertising relative to offline advertising on firm performance and firm value.

International Journal of Research in Marketing, 37(4), 789-804.

Amrurobbi, A. A. . (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi Kampanye

Pemilu dan Pilkada. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(2), 66–78. https://doi.org/10.55108/jap.v4i2.50

Sunardi, Y. N. (2021). Upaya Greenpeace Dalam Mengurangi Limbah Plastik Di Indonesia. EJournal Ilmu

Hubungan InternasionaleJournal Ilmu Hubungan Internasional, 9(1), 9.

Udayalakshmi, J. K., & Sheik, M. S. (2018, March). Design and implementation of solar-powered mobile

phone charging stations for public places. In 2018 International Conference on Current Trends

towards Converging Technologies (ICCTCT) (pp. 1-5). IEEE.

BAK, J. S., CHO, I. H., & KIM, H. J. (2018, september). Eco-Friendly billboard by using Li+ batteries and

supercapacitor parallel connection. In 2018 International Conference on Information and

Communication Technology Robotics (ICT-ROBOT) (pp. 1-3). IEEE.

Y. Zhang and D. Ma, "A Single-Stage Solar-Powered LED Display Driver Using Power Channel Time

Multiplexing Technique," in IEEE Transactions on Power Electronics, vol. 30, no. 7, pp. 3772-3780,

July 2015, doi: 10.1109/TPEL.2014.2350484

R. Saeng-udom, "A study of photovoltaic-powered billboard lighting systems in Chiang Mai, Thailand,"

IEEE. APCCAS 1998. 1998 IEEE Asia-Pacific Conference on Circuits and Systems. Microelectronics

and Integrating Systems. Proceedings (Cat. No.98EX242), Chiang Mai, Thailand, 1998, pp. 197-200,

doi: 10.1109/APCCAS.1998.743712.

Mr. Elia Sundaram H MChandra Yogi S MGouthama BBheemlal M, Manohar K L P. Solar Powered LED

Letters Display. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology

(2023)

Anindyntha, F. A., Susilowati, D., & Sulistyono, S. W. (2021). Peningkatan sadar lingkungan melalui

penghematan sampah plastik. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 351-

Ogunbodede, E. F., & Sunmola, R. (2014). Posters, Banners and Billboards Visual Pollution in Nigerian

Urban Environment: Challenges to Urban Managers. IOSR J. Humanit. Soc. Sci, 19, 56-64.

Prasanth, S. G., Ghosh, S., Sarkar, S., Koushik, B. S., & Vignesh, K. (2017). Solar Powered Wireless

Message Display Board. Asian Journal of Applied Science and Technology (AJAST), 1(5), 58-60.

Febaide, I. (2020). An Efficient Solar Powered-Microcontroller Based Digital Led Display System.

FUPRE Journal of Scientific and Industrial Research (FJSIR), 4(2), 75-90

Kiki PrawiroredjoCitra Laras. Pot Iklan Bertenaga Surya. Jetri : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro (2017)

Fangyue, Z. H. A. O., Xinhua, Y. I., Weishi, M. A., Boyan, L. I. U., Xinru, L. I., & Yansong, M. E. N. G.

(2022). Portable solar billboard. Research and Application of Materials Science, 4(1), 20-23.

Harazin, J., & Wróbel, A. (2020). Analysis and study of the potential increase in energy output generated

by prototype solar tracking, and roof-mounted solar panels. F1000Research, 9.

Zhu, Q. Y., Wen, C. L., Xie, W. Y., Ye, J. J., & Yin, H. (2011). Solar Powered Automatic Controlled

Advertising Light Box System. In Applied Mechanics and Materials (Vols. 148–149, pp. 101–105).

Trans Tech Publications, Ltd.

Souyris, S. (2019). Models to Predict and Influence Consumer Demand: Applications to Television

Advertising and Solar Panel Adoption. The University of Texas at Austin.

Amrurobbi, A. A. . (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi

Kampanye Pemilu dan Pilkada. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(2), 66–78.